Monday, July 27, 2009

Panduan Untuk Tidur yang Sehat

Posted by engi at 3:23:00 PM
Apakah Definisi dari Tidur?

Dulu tidur banyak diartikan sebagai serangkaian waktu dimana kita sedang tidak terbangun. Berkat studi terhadap tidur yang dilakukan selama beberapa dekade terakhir, sekarang dapat diketahui bahwa tidur memiliki tahapan khusus yang membentuk sebuah siklus di malam hari. Otak kamutetap aktif selama tidur, tetapi beberapa tahapan yang berbeda terjadi pada setiap tahapan. Sebagai contoh, tahapan tertentu dari tidur diperlukan oleh tubuh kita untuk beristirahat dan mengumpulkan energi untuk keesokan harinya, dan tahapan lain membantu kita untuk belajar atau membentuk ingatan.
Lebih jelasnya, sejumlah tugas penting dilakukan selama kita tidur untuk menajaga kesehatan dan menjadikan kondisi seseorang pada performa puncaknya. Sedangkan tidak cukup tidur dapat membahayakan seseorang, sebagai contoh: kamu akan lebih beresiko dalam kecelakaan mobil jika kamu mengemudi dalam keadaan ngantuk.

Berapa Lama Tidur yang Kita Butuhkan?

Kebutuhan tidur bervariasi pada setiap orang dan berubah sesuai dengan siklus hidupnya. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-8 jam untuk tidur setiap malam. Sebaliknya, bayi yang baru lahir tidur antara 16-18 jam sehari. Anak-anak usia sekolah dan remaja membutuhkan setidaknya 9 jam tidur dalam semalam.
Beberapa orang percaya bahwa orang dewasa membutuhkan lebih sedikit tidur saat mereka semakin tua. Tetapi tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa orang yang lebih tua membutuhkan tidur yang lebih pendek dari pada orang yang lebih muda. Seiring berjalannya usi, bagaimanapun juga, mereka sering mendapat lebih sedikit tidur atau menghabiskan lebih sedikit waktu tahapan tidur yang nyenyak. Orang yang lebih tua, juga lebih muda terbangun.

Mengapa Tidur Baik untuk Kamu dan Melewatkannya Tidak Baik?

Jika ada pertanyaan, "Apakah menjadi masalah jika kamu tidak mendapat cukup tidur?" Jawabannya adalah PASTI! Tidak hanya kuantitas tidur yang menjadi masalah, tapi juga kualitas tidur adalah hal yang penting juga. Orang yang sering terjaga saat tertidur atau tidur dalam jangka waktu yang pendek kemungkinan tidak cukup mendapatkan tahapan tidur tertentu. Dengan kata lain, sebaik apa istirahat kamu dan seberapa baik kamu berfungsi keesokan harinya bergantung pada total waktu tidur dan berapa banyak tahapan tidur yang kamu dapatkan setiap malam.

Kinerja: Kita membutuhkan tidur untuk dapat berpikir jernih, bereaksi dengan cepat, dan membentuk ingatan. Kenyataannya bagian otak yang membantu kita untuk belajar dan mengingat sangat aktif ketika kita tidur. Studi menunjukkan bahwa orang yang belajar tugas-tugas yang sulit, mengerjakan lebih baik setelah mereka tidur malam dengan baik. Riset lain menunjukkan bahwa tidur dibutuhkan untuk pemecahan masalah kreatif.

Melewatkan waktu tidur memiliki harga mahal. Mengurangi 1 jam tidur dapat menyebabkan kesulitan untuk tidur keesokan harinya dan dapat memperlambat waktu kita untuk merespon. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa ketika kita kekurangan tidur, kita cenderung mengambil keputusan yang buruk dan beresiko lebih tinggi. Hal ini akan mengakibatkan menurunnya kinerja pada pekerjaan atau sekolah dan meningkatkan resiko kecelakaan dalam berkendara.

Mood (Suasana Hati): Tidur juga mempengaruhi mood. Tidur yang tidak cukup membuatmu gampang terganggu dan akhirnya menyebabkan perilaku yang negatif dan bermasalah dengan membina hubungan dengan orang lain, terutama diantara anak-anak dan remaja. Orang yang secara berkesinambungan kurang tidur dapat menyebabkan depresi.

Kesehatan: Tidur juga penting untuk kesehatan. Studi menunjukkan bahwa tidak mendapat cukup tidur atau tidur dengan kualitas yang buruk secara berkesinambungan dapat meninggalkan resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan berbagai penyakit yang lain.

Sebagai tambahan, selama tidur tubuh kita menghasilkan hormon yang berharga. Dengan tidur yang nyenyak tubuh kita dapat melepaskanlebih banyak hormon pertumbuhan yang mendorong pertumbuhan pada anak-anak, dan membantu membangung massa tubuh dan memperbaiki sel dan jaringan tubuh pada anak- anak dan orang dewasa. Hormon lain yang meningkat selama kita tidur adalah hormon yang bekerja untuk melawan berbagai infeksi. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa tidur malam yang baik membantu kita mencegah dari sakit dan membantu penyembuhan ketika kita sakit.

Semuanya tentang Waktu

Seberapa mengantuknya kamu sangat tergantung pada seberapa baik kualitas tidurmu dan seberapa banyak kuantitas tirurmu. Faktor kunci lain adalah "jam biologis" kamu - serangkaian sel dalam otakmu yang meresponpada sinyal cahaya dan merangsang untukbangun. Karena pengaturanwaktu biologis dan proces dalam tubuh yang lain, secara alami kamu akan merasa mengantuk antara tengah malam dan jam 7 pagi dan pada sore hari antara jam 1-4 sore.

Pekerja shift malam sering mendapati dirinya mengantuk saat bekerja. Mereka juga bermasalah untuk tertidur pada siang hari ketika seharusnya mereka tidur. Mengantuk menjadikan mereka beresiko terluka di jalan dan di tempat kerja. Pekerja shift malam juga lebih beresiko untuk menderita sakit jantung, masalah pencernaan, dan ketidaksuburan, dan juga masalah emosional. Semua masalah ini kemungkinan dipengaruhi faktor kekurangan tidur yang parah.

Beradaptasi untuk waktu tidur dan bangun yang baru juga sulit untuk orang yang pergi melewati zona waktu yang berbeda, yang biasa disebut dengan jet lag. Jet Lag dapat menyebabkan rasa ngantuk di siang hari dan bermasalah untutk tidur di malam hari, kurangnya konsentrasi, dan keadaan mudah tersinggung.

Kabar baiknya dengan menggunakan pengaturan waktu yanng tepat, kebanyakan orang dapat mengubah jam biologis mereka, tapi sekitar 1-2 jam per hari. Oleh karena itu akan membutuhkan beberapa hari untuk menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Jika kamu ingin pindah melewati zona waktu yang berbeda, kamu mungkin memerlukan waktu beradaptasi beberapa hari sebelum pergi. Atau jika kamu bepergian hanya dalam beberapa hari, kamu ingin tetap mempertahankan waktu tidur sesuai jadwalmu dan tidak mengganti dengan jadwal yang baru.

Mendapatkan Tidur Malam Yang Baik

Seperti makan dengan baik dan aktif secara fisik, mendapatkan tidur malam yang baik adalah vital untuk kebaikan tubuhmu. Berikut adalah 13 tips yang dapat membantumu:
1. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir minggu
2. Berolahragalah 5-6 jam sebelum waktu tidur
3. Hindari konsumsi kafein dan nikotin
4. Hindari minum alkohol sebelum tidur
5. Hindari makan dan minum terlalu banyak di malam hari
6. Jika memungkinkan hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menahan kantuk atau mengganggu waktu tidurmu
7. Jangan tidur siang setelah jam3 sore dan jangan lebih dari satu jam
8. Rilekslah sebelum tidur
9. Mandilah air hangat sebelum tidur
10. Ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur, singkirkan hal-hal yang membuatmu susah tidur. Misalnya suara berisik, lampu terang, tempat tidur yang tidak nyaman, atau tv/komputer di kamar tidur.
11. Biarkan kamar kamu terkena sinar matahari setidaknyna 30 menit setiap harinya
12. Jangan berbaring di tempat tidur dalam keadaan terjaga. Jika dalam 20 menit kamu tidak juga tertidur, maka bangunlah dan lakukan aktifitas yang membuatmu rileks sampai kamu merasa ngantuk
13. Jika kamu mengalami masalah susah tidur secara terus-menerus, hubungi dokter.

0 comments:

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review