Wednesday, October 15, 2014

Agen Taobao

Posted by engi at 9:55:00 PM

So, sebulan terakhir ini aku kerja part time jadi taobao agen. Cukup melelahkan, tapi pengalaman ini sangat berharga buatku. Apalagi setelah baca text di whatsapp dari salah satu customer yang bilang suka dengan performanceku, rasanya puaaaaasssss banget! hahay!



Kalo yang belum tau apa itu taobao, boleh lah aku kasih sedikit gambaran..




Taobao adalah salah satu situs belanja online terbesar di Cina, semacam eBay di Amerika atau Tokobagus di Indonesia. Produk yang dijual banyak sekali macamnya, mulai dari pakaian, peralatan dapur, barang elektronik, furnitur, handphone, tablet, komputer, mobil, kosmetik, peralatan yoga, buku.. pokoknya semua ada! Dan yang terpenting adalah harganya bokkkkkk... SUPER DUPER MURAH! Kenapa bisa semurah itu? Alasannya karena sebagian besar supplier dari pedagang di taobao adalah produsen langsung. Tanpa adanya biaya distribusi yang panjang, harga jual menjadi sangat murah. OMG, that's so awesome!!

Personally aku adalah pelanggan taobao. Sebagian keperluan sehari-hari aku beli di taobao. Bahkan handphone ku, Xbox, yoga matt, juicer, makanan kucing, dan masih banyak lagi! Wekekeke...

Anyways.. customerku yang satu ini adalah pedagang juga di Indonesia, jadi dia belanja cukup banyak. Kalo boleh diintip sebagian barangnya sebanyak ini




Jadi alur proses belanjanya kira2 kayak gini:
1. Customer isi form pemesanan (nama barang, link barang di taobao, jumlah barang yang ingin dipesan, ukuran, warna, dst)
2. Agen (aku) buatkan invoice (total order + biaya pengiriman di cina + biaya keagenan + biaya withdrawal ATM)
3. Customer transfer sejumlah uang yang tertera di invoice
4. Agen (aku) terima dana customer, mulai melakukan pemesanan di seller taobao
5. Menunggu barang dikirimkan dari lokasi seller ke lokasi agen (aku), normally 3-5 hari.
6. Agen (aku) cek kondisi barang, apakah sesuai dengan order ataukah ada masalah (cacat produk / salah ukuran / dsb)
7. Jika ada masalah barang diretur ke seller
8. Jika tidak ada masalah customer akan diberikan informasi perkiraaan biaya pengiriman dari lokasi agen (aku) ke forwarding company (jika barang banyak), jika barang sedikit bisa langsung dikirimkan ke Indonesia melalui jasa pos atau kurir yang disepakati.
9. Customer transfer biaya pengiriman dari lokasi seller - forwarding agen / Indonesia
10. Dana diterima agen - Barang dikirimkan ke Indonesia secara langsung atau melalui forwarding company.

Yupppp... prosesnya panjang! Tapi buat pedagang, worthed lah labanya :D

Kalo buat personal buyer alias dipake sendiri, kalo memang di Indonesia barang itu nggak ada ato beli di taobao harganya jauh lebih murah. Menanti sedikit lebih lama wothed juga ^_^

Masalah fashion, pakaian, sepatu and segala rupa produk fashion di taobao bener - bener bikin ngiler! OMG segala macam model ada, dan semuanya cute!!! Bagi pecinta merk-merk ternama tapi pengen yang fake, taobao juga SURGANYA barang fake. Dan kualitasnya aku lihat bagus. Semacam sweater ZARA atau Forever 21, kualitasnya cukup bagus meskipun fake/palsu.

Sekarang masalahnya karena taobao masih tersedia dalam bahasa Cina, gimana jika kamu nggak bisa bahasa Cina? DON'T WORRY! Kalo kamu punya browser Google Chrome, kamu bisa transalate website taobao ke bahasa Indonesia ato bahasa Inggris. Cihuyyyy kannnn??
Caranya? silahkan diintip di youtube video berikut ;)


Atau silahkan kunjungi link berikut :

https://support.google.com/chrome/answer/173424?hl=en

So, buat yang butuh jasa agen taobao atau ingin tanya2 masalah taobao secara umum, boleh lah hubungi aku atau silahkan tinggalkan komentar...
Last but not least... I LOVE TAOBAO!

~ Agen taobao part time is in the house yo!
LOL!




20 comments:

pyon said...

Kakk mau tnya sputar taobao... ada kontak yg bisa dhubungi g kak? >^<

pyon said...

Kak.. aku mau tnya sputar taobao nih.. rncana mau bka olshop..msh bgg milih agen ;;uu;;
Kalau boleh minta infonya.. ini emailku kak >^^< = aya.akimoto@yahoo[dot]com

engi said...

Hi pyon!
Maaf banget, Engi udah gak terima order lagi.. sibuk ma kuliah jadi gak ada waktu >.<

Kalo mo tanya secara umum silahkan gpp, aku masih bisa bantu ^.^

pyon said...

Ahh iya udah gpp kak.. aku mau tanya sputar taobao jga *^^*
Ada kontak yg bisa dhubungi? OuO

pancakeapple said...

Sis taobao skrg bisa kirim ke luar negeri kan ya? Bukannya ada pilihan overseas di pilihan pengirimannya?

engi said...

@pyon - bisa kontak di cara.fairley@gmail.com yak ;)

engi said...

@pancakeapple - Iya Taobao ada yang versi global sekarang, ada seller yang bisa langsung kirim ke luar negri ada yang nggak. Jadi musti cek dulu sama sellernya sis ^_^

dluphater said...

masih jadi agen taobao sis? :)

engi said...

@dluphater - udah brenti sis... -_-

MaiMai Shop said...

kak punya kenalan jasa taobao kah??? yng fast respon trus fee nya murah ??

engi said...

@maiichan shop - coba email ke aku yah

MaiMai Shop said...

kak cek email dong

MaiMai Shop said...

kak cek email dong

Unknown said...

kak minta wa dong, aku pengen order taobao lewat kakak

engi said...

@Aditia Clara - email ke cara.fairley@gmail.com yak. Thanks :)

Velxn said...

engi, bisa pesan dikamu kah? mengenai biaya berapa ya?

Unknown said...

Ka aku berminat nih belaja di taobao cuma ga ngerti caranyaa hehe,ada kontak yg bisa dihubungi?

Unknown said...

Ka aku berminat buat belanja di taobao,tapi gatau caranyaa huhu

engi said...

@sayuki yuno - Maaf, aq udah brenti jadi agen >.<

Unknown said...

kak, rekomendasiin agen taobao lain donk yang kakak tau yang bisa dipercaya, saya mau coba belanja dari taobao buat jualan.. sayang kakak udah berhenti..

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review