Saturday, September 22, 2012

Cacar Air Pada Orang Dewasa? Oh No!!!

Posted by engi at 6:10:00 PM


Sesuai judul, kali ini Engi akan menuliskan pengalaman terkena cacar air diusia dewasa. Hikz hikz.. tentu saja sangat mengganggu, dan yang paling ditakutkan adalah jika bekas cacar tersebut tidak bisa hilang terutama di bagian wajah. Hey ladies.. it's a red alert for us!

Sebenarnya apa penyebab cacar air? Menurut yang Engi baca, penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zooster, virus yang sama yang menyebabkan penyakit herpes.


Penyebarannya melalui aerogen, alias disebarkan lewat udara. Itu mengapa penderita cacar air disarankan untuk dikarantina sehingga tidak menyebarkan virusnya pada orang lain. Pada orang dewasa artinya.. kalian nggak bisa bekerja dan nggak bisa keluar sama sekali! Oh no!!!

Berdasarkan pengalama Engi sendiri, gejala terkena cacar air mirip sekali kalo orang lagi nggak enak badan ato mo flu.. huhuhu.. berikut kronologisnya :

Hari ke-1 :
Males ngapa-ngapain, lemes dan demam.

Hari ke-2 :
Timbul rasa gatal diseluruh tubuh (dada, punggung, tangan, kaki, wajah), aku kira aku alergi makanan tertentu karena kadang2 kalo makan terasi udang merk baru tubuhku suka menunjukkan alergi gatal2 diseluruh tubuh. Malamnya demam lagi.

Hari ke-3 :
Ruam-ruam semakin banyak, ada juga yang menjadi lenting berisi cairan. Pergilah Engi ke rumah sakit di bagian klinik kulit dan kelamin. Dokter spesialisnya lagi keluar kota, buat sementara digantikan dokter umum, gak papa lah yang penting bisa dapat obat buat mengurangi gatalnya yang aduhaaaaiiiiiii.. sangat gatal dan panas menyiksa! Setelah diperiksa ternyata dokter memvonis Engi terjangkit Varicella alias Cacar Air T_T
Dokter kasih obat pil acyclovir 400mg dan Mebhydroline 50mg untuk 5 hari kedepan, total biaya untuk 2 obat ini 28rb. Dokter gak ngasih salep untuk obat luar, berdasarkan hasil googling untuk melawan virus cacar air bisa pake krim acyclovir 5%, di apotik harganya 3rb saja per tube.





Hari ke 4-7 :
Konsumsi pil yang diberikan dokter and tiap habis mandi oleskan krim acyclovir 5% ke setiap cacarnya. Satu persatu? ya!! Kalo pengen cacarnya gak berbekas emang harus telaten ngolesin satu persatu ke cacarnya baik yang masih merah-merah berbentuk ruam ataupun yang udah jadi lenting berisi air ;)

Hari ke -8 :
Ke rumah sakit lagi, kondisi cacar sebagian besar sudah kering. Kali ini dokter ahli kulitnya udah datang dari tugas luar kota. Dia komplain kenapa dosis yang diberikan dokter umum buat aku rendah sekali and aku gak dikasih salep. Ya aku jawab, "Ya mana saya tau Dok!" Hehehe.. jadi nyengir tuh dokter. Akhirnya obatnya diganti ma pil Inclovir 500mg dan salep Pibaskin. Bedanya resep yang diberikan oleh dokter umum dengan dokter spesialis adalahhhhhh... yap! Terletak pada harga obatnya, hahaha.. buat 2 obat ini harganya 280rb! Obat dokter umum cuman 10% aja yak harganya, lol.

 
Oh ya aku konsumsi juga vitamin E, fungsi vitamin E adalah membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga bekas cacarnya diharapkan tidak berbekas;) Pilih yang berasal dari alam bukan vitamin E sintetis, Engi beli merk Natur E, satu kotak berisi 16 kapsul harganya sekitar 15rb-17rb.

Hari ke 9-13 :
Tetap konsumsi pil inclovir, vitamin E and oleskan pibaskin krim pada cacar. oh ya, saat luka sudah mengering aku ganti salepnya dengan Bioplacenton, karena menurut teman2 lebih cepat menghilangkan bekas cacar.


Hari ini adalah hari ke 13 dari saat pertama kali aku terkena cacar, bekas cacar di wajah yang awalnya lebih dari 20 dots (yeah I count it! lol) sekarang hampir hilang tanpa bekas. tinggal 7 dots yang masih dalam proses penyembuhan, dan itupun cuman berbentuk titik memerah kayak orang jerawatan, semoga aja bisa hilang total dalam beberapa hari ini, amien!

Okay.. tips buat yang terkena cacar di usia dewasa kayak Engi :
1. Minum secara teratur obat yang diberikan dokter
2. Potong kuku sehingga tidak menimbulkan luka saat cacar tergaruk
3. Apapun yang terjadi meskipun gatal setengah mati, jangan digaruk! Silahkan lakukan kalo ingin bekas lukanya nggak bisa hilang :D Kalo gatal sekali diusap aja pelan2, jangan sampe tergaruk karena dapat menimbulkan infeksi pada cacar yang akan menyebabkan luka berbekas.
4. Konsumsi sayuran dan buah karena akan membantu daya tahan tubuh kita untuk melawan virus varicella ini. Buah yang aku konsumsi setiap hari selama sakit adalah jeruk, ingat jeruk mengandung vitamin C yang membantu daya tahan tubuh kita ;)
5. Mandi tiap hari minimal 2 kali sehari dengan air hangat yang dicampur desinfektan (aku pake Detol), jangan malas mandi! Karena jika tubuh kita kotor meningkatkan resiko infeksi pada kulit kita. Gosok pelan2 saat mandi dan saat memakai handuk lakukan dengan perlahan, menggosok terlalu keras menyebabkan cacar yang berair akan meletus.
6. Saat sebagian cacar mulai kering konsumsi vitamin E, ingat pilih yang dari tumbuhan bukan vitamin E sintetis. Jika ingin mengkonsumsi dari alam secara langsung bisa konsumsi lidah buaya atau rumput laut.
7. Minum air mineral yang banyak untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat.
8. Banyak bersabar menghadapi godaan rasa gatal yang terkutuk :D

Well, semoga cepat sembuh! :-*

------------------------------

Update : Oct 3, 2012

>> Dari 7 bekas cacar yang mengering di wajahku, 3 diantaranya tidak bisa sembuh dengan mudah. Akhirnya meninggalkan bekas luka berlubang alias bopeng, hikz hikz.. what did I do? Padahal aku nggak pernah nyentuh tuh cacar di wajah, cacarnya juga gak pecah, malah 3 spot itu mengering duluan tapi ternyata sembuhnya belakangan dan meninggalkan bekas luka. OMG!
>> Di badan nggak ada bekas luka yang berarti, padahal beberapa diantaranya pecah karna tertindih, pas awal2 karena nggak tau kalo itu cacar malah aku pecahin pake alkohol, eh malah gak ada yang berbekas dalam kayak di wajah. bingung jadinya @_@
>> Dapet krim malam dari dokter spesialis kulit untuk menghilangkan flek2 coklat bekas cacar, tapi untuk yang berlubang kata dokternya cuman bisa nipisin lobangnya aja. Semoga berhasil deh.. ntar Engi update lagi. Oh ya, gak bisa kasih tau obatnya apa, soalnya krimnya racikan si dokter sendiri, jadi it's a TOP SECRET!

Kesimpulan sementara :
Manusia hanya bisa berusaha, tuhan juga yang menentukan berbekas enggaknya si cacar, lol
*ketawa setengah stress*




66 comments:

Anonymous said...

Artikelnya lucu kak, tapi memotivasi banget :) aku juga lagi kena cacar nih, sampe ke kulit kepala segala, ampuun deh. Tapi ya udah lah disyukuri aja, bener nggak kak?
Thanks for sharing ya kak!

engi said...

@Anonymous - Sama, aku juga ampe kulit kepala, untungnya rambutnya gak rontok. tetep pake salepnya biar cepet kering ;) Yah disyukuri aja, diterima aja dikasih cacar kan cuman sekali seumur hidup. Coba kalo kena cacar bisa sewaktu2 kayak kena flu, kan berabe?! hahaha

Btw, thanks udah mampir yah! ^_^

Anonymous said...

Aku saat ini kena cacar dan udah menyebar ke seluruh tubuh smpe rongga mulut.. Hikz.. Akibatnya susah makan. boro makan bergizi, minum air putih aja udah berasa ditendang :( Sekitar berapa hari cacar mulai mengering ya? Aku sudah 6 hari tp lenting berisi cairan msh belum 1 pun mengering :((

engi said...

@anonymous - Wah, sama.. aku juga ada 1 yang di rongga mulut. Awalnya aku kira sariawan tapi kayaknya si cacar. Tetep paksa makan tapi makanan yang agak lembut biar gak gitu sakit ;)

Seingatku seminggu sebagian udah mengering, coba mandi pake desinfektan 2x sehari and pake salepnya setelah mandi bisa bantu cepet ngeringin tuh cacar ;)

Semoga cepet sembuh ya!

meyrinda said...

hai mampir yaa, lg dilanda rasa gatel sangattt niii gara2 kena cacar air.....its sooo sooo cetarrr membahana haha aku mau tulis juga ni tp skrg ga sangguppppp ga konsen nulis panjang sambil kegatelan hikss hiks
doain ga berbekas yaa

engi said...

@Meyrinda - Hi Mey! Wow.. cetar membahana yak gatelnya? wekekeke.. Gimana, mbekas gak? moga gak yahhh.. Wish you all the best! ^_^

Mblooo said...

wah ane lagi kena nihh gan, thx ya buat infonya :D

Unknown said...

ak lagi kena nih, mau nanya donk, itu konsumsi aciclovirnya berapa kali sehari?trs pas diganti jadi inclovir, konsumsinya berapa x sehari?

Anonymous said...

Tu pil inclovir dan saleb pibaskin cra pmkaianny bgmn?

engi said...

Pil inclovir diminum 3x sehari, tergantung dosisnya sih mending tanya dokter buat lebih jelasnya ;)

Kalo salep pibaskin dioles aja di cacarnya tiap abis mandi.

Unknown said...

thanks atas infonya... nanya donk, knp kok saya muntah2 ya paginya? apa karena obat atau gmn? mohon bantuannya

engi said...

@Clement Winarko - Aduh kurang tau mas, tapi kalo mas sering kena asam lambung kalo obatnya terlalu keras emang bikin perih ato muntah. mending bilang ke dokter mas aja, biar obatnya diganti ato gimana baiknya ;) Moga cepat sembuh!

Anonymous said...

Ak jg lg kna cacar nih, 2hr demam mlmnya mncul bntik2 merah dan lenting gt, siangnya ak bwa ke dokter, tp umum sih. Utk obat ak d kasih acyclovir,imunos utk dya than tbuh trs obat gatal, ga dkasih salep sih tp caladine, duuhh lentingnya blm pcah niih.. Pdhl surat ijin dr dokternya cm 3hr :(

Unknown said...

Hai kaaak. Aku lg cacar dan banyal bgt di muka, huaaaa. Aku masih 15 th, dan you know lah respon remaja kl sampe ada bekas cacar yang item item itu ga ilang, sampe nangis aku mikirin itu γ… ......γ…  /lebay/

Cacar aku masih bintil bintil merah, berdasarkan pengalaman kakak, aku harus pake salep acyclovir 5% ya? Habis kering baru ganti pibaskin gitu?

Jawab ya kak._. Thanks beforeee. Ini blognya keren \m/

engi said...

Halo Vivian!

Sorry baru bales... -_-
Lagi kena cacar ya? Aduh.. so sorry to hear that.. tapi percaya deh ntar ilang kok bekasnya asal sabar ngobatinnya and gak dipencet-pencet ;)

Salep acyclovir 5% cuman di awal aja aku pake dek, setelah dokterku ganti resep ke pibaskin aku ganti pake salep pibaskin aja sedangkan salep acyclovirnya gak aku pake. Dokter adek kasih salep apa?

Unknown said...

Dikasih salep racikan dari dokternya kak, ga ada merknya cuma dikasih di pot salep doang :| aku udah konsul dokter kulit online, kata dokter kulitnya harus pake salep yang mengandung mupirosin. Aku baca di buku obat, salep pibaskin juga mengandung mupirosin, eeeh pas aku mau beli, salepnya gak ada :| jadinya aku beli bactroban yang mengandung mupirosin juga kak ._.

Btw, thanks for the reply ya kaaaak

dekyaya said...

ini sekarang mamaku lagi kena cacar air,tapi it's oke karena sudah ada solusinya. yang penting cepat sembuh AMINπŸ˜ƒ. thanks infonya . πŸ‘πŸ˜„

Anonymous said...

nice info'... thanks

Anonymous said...

6 minggu yg lalu aq kna cacar air, parahny lbih bnyak di muka...apa bisa bioplasinton bs ngilangin bkas yg ada di muka. Pdhal udah tratur maskeran pake jagung....

Anonymous said...

Kak mandinya gmn? Kaya mandi biasa atau kaya dielap gitu? Aku frustasi bgt kak:'(

engi said...

@dekyaya - Moga mamanya cepet sembuh yah! ^_^

Unknown said...

Aku baru kena cacar hari senin:'(teruuus dimukaa banyak baanget haampir penuuuh:'(setres baaanget deeeh:'(aku kemaaaren gaadikasih saaalep pas berobaaat!:(biaar cepet kering daan sembuh gmnaaaa ?:(

Unknown said...

Aku baru kena cacaar air hari senin kemaaren dan sekaraang udaah mendingaan siih dibadaaanO:)cumaaa dimukaa aku baanyak baaaanget pas kemaaren berobaat gaadikasih salep:'(sebeel deeh setres baaaaanget:'(taaakut ilaangnya lamaaa:'(aku jugaa gaamandimandi sat badan nya panaas soalnya kataa dokter nya gaboleeeh:'(biaar ilaaang cepeet dimukaaa gmnaa yaaa ?aku paake appaaan ?:(

Anonymous said...

Aku kena cacar waktu sd jadi tuh parah banget sampe sebulan lebih cacarnya ada nanahnya juga, sampe mau lulus SMA pun ga ilang bekasnya banyak banget di badan sama kaki. Malu banget. :(

Anonymous said...

Kak aku kena cacar berbekas merah gitu kak. Apa bisa berubah jadi hitam? Terus kalau krusta nya kita lepas sendiri bole?soalnya udh bener2 kering

Anonymous said...

Oiya kak kalau bekas cacar warna merah itu normal?atau normalnya langsung gada bekasnya?

engi said...

@Rina Salsabilaputri - Hi Rina! Salep kamu bisa beli di apotek kok, bilang aja beli sale acyclovir buat cacar, pasti apotekernya tau.
Dokterku pas itu gak bilang apa-apa masalah mandi, jadi aku mandi pake air hangat yang dicampur desinfektan, aku pake detol. Tujuannya biar tidak terjadi infeksi, jadi cepat sembuh cacarnya.
Coba pake salep yang aku posting, good luck yah!

engi said...

@Anonymous - jangan dikupil ya krustanya, biar lepas sendiri. Ntar kalo dikupil malah berbekas. Jangan lupa yang rajin olesin salep and minum vitamin E untuk bantu kulit regenerasi lebih cepat.
Normal aja kalo masih merah-merah ato berbekas. Dulu aku ampe sebulan masih berbekas. Malah yang meletus ampe berlobang butuh waktu lebih lama lagi buat sembuh, seingatku beberapa bulan. Kalo parah banget ada juga yang gak ilang bekasnya. Jadi penting banget buat nggak ngupil dan konsumsi makanan yang sehat and vitamin E.
Moga cepet sembuh ya!

Anonymous said...

Oke makasih kak. Ini udh ada satu bopeng tp kecil sih. Udh pg ke dokter jg diksh krim malam. Mngkin utk pengelupasan kali yah supaya cepat rata ma kulit sebelah. Bopeng kaka ada yg udh sembuh?

engi said...

Ini udah 3 tahun dari pas kena cacar, ada 2 yang berbekas.. berlubang kayak bekas jerawat gitu tapi gak kelihatan sih kalo ga diliat ampe dekeeeet banget, hahahaha

Unknown said...

aku sekarang cacar yang kedua kalinya dan timbul nanah sakit banget gimana ya solusinya??

engi said...

@trya monica - kok bisa cacar kedua kali? setahuku cuman bisa kena sekali doang, setelah itu virusnya dormant di tubuh kita. Kalo aktif kena herpes gt >.<

Unknown said...

Engi mau nanya dong.. Bioplacenton efektif gak sih buat ngilangin bekas cacarnya?

Zazin said...

Thanks yaa kak. Sangat bermanfaat buat dibaca.

Unknown said...

Aku cacar 2 minggu yang lalu,sekarang berbekas dimuka,obat apa yah yang bagus untuk ngilangin bekasnya dan berpa lama bekas cacarnya bisa hilang?

Terima kasih sebelumya,direspon yah!😁

engi said...

@Irna Windu - Berdasarkan pengalamanku, kalo lukanya gak dalam cepet hilang bekas lukanya pake Bioplacenton. Tapi kalo bekas lukanya dalam banget baru kelihatan tersamar lubangnya tahun berikutnya @_@ Gak perlu pake bioplacenton lagi sih setelah bekas lukanya balik ke warna kulit asli. Ntar sembuh sendiri, tapi lumayan lama...

engi said...

@Zazin - Sama2.. makasih udah mampir ^_^

engi said...

@Hikmah Ima - Pake salep pibaskin ato salep laen yang mengandung acyclovir yang dokter kamu kasih bisa ngilangin bekas lukanya. Pake Bioplacenton juga bisa, tapi nunggu udah kering baru pake Bioplacenton. Kalo bekas lukanya gak dalam 1 - 2 bulan udah hilang bekasnya. Kalo dalam punyaku ampe setahun baru tersamar lobangnya. Good luck yah!

Obat Herbal Kanker Darah Alami Tanpa Kemoterapi said...

very good article and easy to understand.
thank you for sharing with us, may be useful and we hope you will post another article that more and better.
always success

Obat Herbal Penyakit Kanker Otak Super Ampuh said...

very good article ..
we particularly liked what you pour here. simple and easily understood.
Thank you

Unknown said...

Kak, bioplacenton itu tersedia di apotik tidak?

Unknown said...

Kak, bioplacenton tersedia di apotik kan?
tapi kok barusan aku nyari di google bioplacenton itu penghilang bekas luka bakar ya?

Unknown said...

aku cacarnya udah sekitar 2 bulan kak, bisa nggak pake bioplacenton?

Obat Herbal Penyakit Leukemia Yang Aman said...

Thank you for sharing articles were very nice and useful like this ..
we liked it very much, I hope you can post or renew it again.
good luck,,

Obat Benjolan Di Rahim Ampuh Dan Aman said...

I am not good at making information or a very good article, but this article makes me become motivated to make work better.
So, thank you for sharing the article very interesting and very good and this

Unknown said...

Hello mampir dlu ya.. udh 9 hari nih kena cacar.. baru dimuka yg kering dibadan ma tangan and kaki blm kering.. tapi obat dari dokternya dah abis hehe.. kata mama ganti ama obat herbal aja gitu.. bagus ga ya kira kira obat ni (Sambiloto plus,,PlusMengkudu,Histaminic).. trus salep acyclovir buat apa sih ka? Soalnya dikasih ma dokter blm saya pake.. kira kira kalo kulit yang udah berisi cairan trus kulitnya kelupas nnt jd kenapa ya ka? Thanks

Unknown said...

Mampir boleh ya ka.. udah 9 hari ni kena cacar.. baru dimuka sama dileher yang kering.. ko bisa gitu ya ka? Padahal dah 9 hari kena cacar tapi baru dimuka sama di leher doang yang kering.. solusinya apa ya ka biar cepet kering .. tapi obat dokternya udh abis ka jd kata mama ganti sama obat herbal aja deh buat cacar air

Unknown said...

Wah .. lagi galau nih .. antara berangkat uas k kampus atau ngrawat cacar dlu biar sembuh ..
Klo berangkat juga malunya minta ampun soalnya d muka msh bnyak ..

Apakah Ginjal Bocor Bisa Sembuh Total said...

I don't know how often I visit this blog..
But, thank you for sharing your article.. Keep posting

Unknown said...

Engi gw lg kena cacar ni, padahal udah 25thn -_- malu banget dah, nanya dong , u pas kena tuh hari ke brapa kluar smua cacarnya? Itu obatnya yang oles brapaan harganya?

Unknown said...

Kak aq kna cacar T-T nanya dong, kk hari ke brapa cacarnya kluar smua? Sampai skarang aq sih blm ada di wajah, tp tangan kaki, punggung ud banyak T-T dan itu salp nya brapa harganya?

Anonymous said...

Hai kak mau nanya , aku kan baru kena cacar air juga 😭 di tangan dikaki gak begitu banyak luka , cuma di badan banyak , dan skg jg uda mulai kering tp blm ngelupas , adasih beberapa yg uda ngelupas , itu dikasih bioplacenton bisa?

Unknown said...

Ka boleh minta.no nya aku.baru.sebulan kena cacar ada.bekas berlubang dua di muka hiks hampir frustasi nangis mulu setiap liat muka.sendiri udah ke dokrer julit dikasih krim.siang nalem.gtu sama.sunblockdan ktnya buat Cepet nipisin lubangnya bisa pake tindakan subsiai gtu duh aku galau bagi penglaman dan bagi kekatan ka hikss hehe :'(

engi said...

@Frida Kusuma P - Sorry baru bales.. Bioplacenton bisa dibeli di apotik tanpa resep dokter. Aq kurang tau kandungan bioplacenton apa aja, n apakah sebenarnya buat luka bakar. Teman aku pernah ngalamin kecelakaan, di mukanya kena pecahan kaca mobil. Dia pake biplacenton buat ngilangin bekas lukanya, and hilang sama sekali. Makanya aku juga pake buat ngilangin bekas luka cacar :) Dicoba aja gpp, tapi nunggu cacarnya kering yah. Good luck!

engi said...

@Arzein Fayzano - Sorry telat balesnya. Pasti sekarang udah sembuh dari cacar yah... Salep acyclovir untuk membunuh itu virus penyebab cacarnya, jadi biar cepat sembuh and kering. Kamu pake obat herbal yah? Gimana hasilnya? Mungkin di sambiloto, dll yang kamu pake mengandung zat yang sama.. tapi musti dicek dulu yah sama Mbah Google :D Moga cepat hilang bekas cacarnya!

engi said...

@Adam Bayu - Wah.. Adam, kamu harusnya gak kemana2.. soalnya kamu bawa virus varicella di badanmu, ntar nularin ke teman2 yang belom pernah kena cacar air >.< Tapi komennya telat yah... LOL... Semoga udah sembuh yah sekarang, and cepat hilang bekas nya.. Good luck!

Anonymous said...

Aku dulu sd pernah kena cacar air. Sekarang tiba2 virusnya bangkit lagi! Kata dokter sih herpes. Gila gatalnya nggak karuan. Btw aku jg dikasih salep amoxcilyn, tapi dosisnya kok cuma 3x1 sehari ya?

engi said...

@Anonymous - Bener itu kata dokter kamu. Virus cacar air itu sama dengan virus herpes. Pas pertama kali kena disebutnya cacar air (chicken pox) setelah itu disebutnya herpes. Ada yang mucul sedikit aja, ada juga yang banyak banget.
Sama deh kayaknya 3x1 sehari, seingatku dulu juga gt ^_^ Tingkatkan daya tahan tubuh, biar cepet sembuh. Biasanya sih sekitar 1-2 minggu kalo herpes tergantung daya tahan tubuh kamu. Cepet sembuh yah!

Gie_Neus World said...

Demi apa, aku baru pulih dari varisela. Sembuhnya sampe semua vesikula dan ruam hilang 2 minggu. Dan baru ngantor 3hari ini. Obat yang diberi dokter pun sama. Tapi kmren aku dibalurin parutan jagung manis keseluruh tubuh setiap harinya. Alhamdulillah yg dibadan ga berbekas tapi yang diwajah rame banget bekasnya. Ga bopeng atau cekung sih syukurnya tapi warnanya itu lho... mengganggu bngt bikin ga PD kemana2 tanpa bedak. Sekrang tetap aku maskerin pake parutan jagung, konsumsi vit E dan C. Trus sebagai pelembab wajah aku oles sama olive oil. Setelah diperhatiin warna bekas cacarnya agak memudar. Gpplah mulusnya lagi lama, yg penting kondisi kulitnya sehat. Kita bersabar ajalah..... semoga usaha membuahkan hasil

engi said...

@gie noona - Syukurlah sudah pulih.. Emang harus sabar buat ngilangin bekas cacarnya ^_^ Semoga cepet normal ya kondisi kulitnya!

Unknown said...

aku mau share pengalaman ni semoga dpt membantu yaa,, satu hari sebelum aku sadar kena cacar itu badan lemes bgt, sampe menggigil, pinggang puegel,, besoknya aku br sadar di pinggang ada lentingan,, aku kira jerawat, langsung aja aku pecahin ehh tp kq perih bgt yaa, trs ditangan ada lg, aku cb pecahin. perih jg,, aku smpet diem bbrp menit dan setelah mikir ini kenapa, aku langsung sadar aku cacar. pencegahan pertama hari ke 3 setelah gejala aku langsung ke klinik dekt rumah, dan dikasih obat apa gt ya cm 3x sehari tp lentingannya makin banyak dan gatel parah,, gak ngefek!!! huhu.. dan setelah 3hari aku berobat ke Rumah sakit, baru ampuh obatnya.. dan skrg lg pemulihan dihari ke7 kondisi udh kering lukanya,, recovery semua luka.. buat yg kena cacar aku sarankan jangan lupa mandi 2x sehari, bersihkan mulut, gunting kuku benar bgt, dan kalau gatal kompres pakai air es/es batu.. semoga bermanfaat :D

Unknown said...

kak ini cacar airnya sampai kemata 😭😭😭😭

Unknown said...

kak ini cacar airnya sampe ke mata😭😭😭😭

Anonymous said...

Halo,Engi aku Uli. Kamu tau gak apa tanda kalau kita udh bisa beraktivitas di luar rumah lagi kalau abis cacar? Takutnya masih nular. Makasih,Engi.

Unknown said...

Aku udah sembuh dr cacar koreng nya udah pd jatuh sendiri tp knp kok masih gatel bnget y.... solusi obat nya apa biar gatal nya hilang???

Unknown said...

Aku udah sembuh dr cacar koreng nya udah pd jatuh sendiri tp knp kok masih gatel bnget y.... solusi obat nya apa biar gatal nya hilang???

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review