Saturday, September 22, 2012

Cacar Air Pada Orang Dewasa? Oh No!!!

Posted by engi at 6:10:00 PM


Sesuai judul, kali ini Engi akan menuliskan pengalaman terkena cacar air diusia dewasa. Hikz hikz.. tentu saja sangat mengganggu, dan yang paling ditakutkan adalah jika bekas cacar tersebut tidak bisa hilang terutama di bagian wajah. Hey ladies.. it's a red alert for us!

Sebenarnya apa penyebab cacar air? Menurut yang Engi baca, penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zooster, virus yang sama yang menyebabkan penyakit herpes.


Penyebarannya melalui aerogen, alias disebarkan lewat udara. Itu mengapa penderita cacar air disarankan untuk dikarantina sehingga tidak menyebarkan virusnya pada orang lain. Pada orang dewasa artinya.. kalian nggak bisa bekerja dan nggak bisa keluar sama sekali! Oh no!!!

Berdasarkan pengalama Engi sendiri, gejala terkena cacar air mirip sekali kalo orang lagi nggak enak badan ato mo flu.. huhuhu.. berikut kronologisnya :

Hari ke-1 :
Males ngapa-ngapain, lemes dan demam.

Hari ke-2 :
Timbul rasa gatal diseluruh tubuh (dada, punggung, tangan, kaki, wajah), aku kira aku alergi makanan tertentu karena kadang2 kalo makan terasi udang merk baru tubuhku suka menunjukkan alergi gatal2 diseluruh tubuh. Malamnya demam lagi.

Hari ke-3 :
Ruam-ruam semakin banyak, ada juga yang menjadi lenting berisi cairan. Pergilah Engi ke rumah sakit di bagian klinik kulit dan kelamin. Dokter spesialisnya lagi keluar kota, buat sementara digantikan dokter umum, gak papa lah yang penting bisa dapat obat buat mengurangi gatalnya yang aduhaaaaiiiiiii.. sangat gatal dan panas menyiksa! Setelah diperiksa ternyata dokter memvonis Engi terjangkit Varicella alias Cacar Air T_T
Dokter kasih obat pil acyclovir 400mg dan Mebhydroline 50mg untuk 5 hari kedepan, total biaya untuk 2 obat ini 28rb. Dokter gak ngasih salep untuk obat luar, berdasarkan hasil googling untuk melawan virus cacar air bisa pake krim acyclovir 5%, di apotik harganya 3rb saja per tube.





Hari ke 4-7 :
Konsumsi pil yang diberikan dokter and tiap habis mandi oleskan krim acyclovir 5% ke setiap cacarnya. Satu persatu? ya!! Kalo pengen cacarnya gak berbekas emang harus telaten ngolesin satu persatu ke cacarnya baik yang masih merah-merah berbentuk ruam ataupun yang udah jadi lenting berisi air ;)

Hari ke -8 :
Ke rumah sakit lagi, kondisi cacar sebagian besar sudah kering. Kali ini dokter ahli kulitnya udah datang dari tugas luar kota. Dia komplain kenapa dosis yang diberikan dokter umum buat aku rendah sekali and aku gak dikasih salep. Ya aku jawab, "Ya mana saya tau Dok!" Hehehe.. jadi nyengir tuh dokter. Akhirnya obatnya diganti ma pil Inclovir 500mg dan salep Pibaskin. Bedanya resep yang diberikan oleh dokter umum dengan dokter spesialis adalahhhhhh... yap! Terletak pada harga obatnya, hahaha.. buat 2 obat ini harganya 280rb! Obat dokter umum cuman 10% aja yak harganya, lol.

 
Oh ya aku konsumsi juga vitamin E, fungsi vitamin E adalah membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga bekas cacarnya diharapkan tidak berbekas;) Pilih yang berasal dari alam bukan vitamin E sintetis, Engi beli merk Natur E, satu kotak berisi 16 kapsul harganya sekitar 15rb-17rb.

Hari ke 9-13 :
Tetap konsumsi pil inclovir, vitamin E and oleskan pibaskin krim pada cacar. oh ya, saat luka sudah mengering aku ganti salepnya dengan Bioplacenton, karena menurut teman2 lebih cepat menghilangkan bekas cacar.


Hari ini adalah hari ke 13 dari saat pertama kali aku terkena cacar, bekas cacar di wajah yang awalnya lebih dari 20 dots (yeah I count it! lol) sekarang hampir hilang tanpa bekas. tinggal 7 dots yang masih dalam proses penyembuhan, dan itupun cuman berbentuk titik memerah kayak orang jerawatan, semoga aja bisa hilang total dalam beberapa hari ini, amien!

Okay.. tips buat yang terkena cacar di usia dewasa kayak Engi :
1. Minum secara teratur obat yang diberikan dokter
2. Potong kuku sehingga tidak menimbulkan luka saat cacar tergaruk
3. Apapun yang terjadi meskipun gatal setengah mati, jangan digaruk! Silahkan lakukan kalo ingin bekas lukanya nggak bisa hilang :D Kalo gatal sekali diusap aja pelan2, jangan sampe tergaruk karena dapat menimbulkan infeksi pada cacar yang akan menyebabkan luka berbekas.
4. Konsumsi sayuran dan buah karena akan membantu daya tahan tubuh kita untuk melawan virus varicella ini. Buah yang aku konsumsi setiap hari selama sakit adalah jeruk, ingat jeruk mengandung vitamin C yang membantu daya tahan tubuh kita ;)
5. Mandi tiap hari minimal 2 kali sehari dengan air hangat yang dicampur desinfektan (aku pake Detol), jangan malas mandi! Karena jika tubuh kita kotor meningkatkan resiko infeksi pada kulit kita. Gosok pelan2 saat mandi dan saat memakai handuk lakukan dengan perlahan, menggosok terlalu keras menyebabkan cacar yang berair akan meletus.
6. Saat sebagian cacar mulai kering konsumsi vitamin E, ingat pilih yang dari tumbuhan bukan vitamin E sintetis. Jika ingin mengkonsumsi dari alam secara langsung bisa konsumsi lidah buaya atau rumput laut.
7. Minum air mineral yang banyak untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat.
8. Banyak bersabar menghadapi godaan rasa gatal yang terkutuk :D

Well, semoga cepat sembuh! :-*

------------------------------

Update : Oct 3, 2012

>> Dari 7 bekas cacar yang mengering di wajahku, 3 diantaranya tidak bisa sembuh dengan mudah. Akhirnya meninggalkan bekas luka berlubang alias bopeng, hikz hikz.. what did I do? Padahal aku nggak pernah nyentuh tuh cacar di wajah, cacarnya juga gak pecah, malah 3 spot itu mengering duluan tapi ternyata sembuhnya belakangan dan meninggalkan bekas luka. OMG!
>> Di badan nggak ada bekas luka yang berarti, padahal beberapa diantaranya pecah karna tertindih, pas awal2 karena nggak tau kalo itu cacar malah aku pecahin pake alkohol, eh malah gak ada yang berbekas dalam kayak di wajah. bingung jadinya @_@
>> Dapet krim malam dari dokter spesialis kulit untuk menghilangkan flek2 coklat bekas cacar, tapi untuk yang berlubang kata dokternya cuman bisa nipisin lobangnya aja. Semoga berhasil deh.. ntar Engi update lagi. Oh ya, gak bisa kasih tau obatnya apa, soalnya krimnya racikan si dokter sendiri, jadi it's a TOP SECRET!

Kesimpulan sementara :
Manusia hanya bisa berusaha, tuhan juga yang menentukan berbekas enggaknya si cacar, lol
*ketawa setengah stress*




15 comments:

Anonymous said...

Artikelnya lucu kak, tapi memotivasi banget :) aku juga lagi kena cacar nih, sampe ke kulit kepala segala, ampuun deh. Tapi ya udah lah disyukuri aja, bener nggak kak?
Thanks for sharing ya kak!

engi said...

@Anonymous - Sama, aku juga ampe kulit kepala, untungnya rambutnya gak rontok. tetep pake salepnya biar cepet kering ;) Yah disyukuri aja, diterima aja dikasih cacar kan cuman sekali seumur hidup. Coba kalo kena cacar bisa sewaktu2 kayak kena flu, kan berabe?! hahaha

Btw, thanks udah mampir yah! ^_^

Anonymous said...

Aku saat ini kena cacar dan udah menyebar ke seluruh tubuh smpe rongga mulut.. Hikz.. Akibatnya susah makan. boro makan bergizi, minum air putih aja udah berasa ditendang :( Sekitar berapa hari cacar mulai mengering ya? Aku sudah 6 hari tp lenting berisi cairan msh belum 1 pun mengering :((

engi said...

@anonymous - Wah, sama.. aku juga ada 1 yang di rongga mulut. Awalnya aku kira sariawan tapi kayaknya si cacar. Tetep paksa makan tapi makanan yang agak lembut biar gak gitu sakit ;)

Seingatku seminggu sebagian udah mengering, coba mandi pake desinfektan 2x sehari and pake salepnya setelah mandi bisa bantu cepet ngeringin tuh cacar ;)

Semoga cepet sembuh ya!

meyrinda said...

hai mampir yaa, lg dilanda rasa gatel sangattt niii gara2 kena cacar air.....its sooo sooo cetarrr membahana haha aku mau tulis juga ni tp skrg ga sangguppppp ga konsen nulis panjang sambil kegatelan hikss hiks
doain ga berbekas yaa

engi said...

@Meyrinda - Hi Mey! Wow.. cetar membahana yak gatelnya? wekekeke.. Gimana, mbekas gak? moga gak yahhh.. Wish you all the best! ^_^

sulaeman nur said...

wah ane lagi kena nihh gan, thx ya buat infonya :D

ainur rochim said...

ak lagi kena nih, mau nanya donk, itu konsumsi aciclovirnya berapa kali sehari?trs pas diganti jadi inclovir, konsumsinya berapa x sehari?

Anonymous said...

Tu pil inclovir dan saleb pibaskin cra pmkaianny bgmn?

engi said...

Pil inclovir diminum 3x sehari, tergantung dosisnya sih mending tanya dokter buat lebih jelasnya ;)

Kalo salep pibaskin dioles aja di cacarnya tiap abis mandi.

Clement Winarko said...

thanks atas infonya... nanya donk, knp kok saya muntah2 ya paginya? apa karena obat atau gmn? mohon bantuannya

engi said...

@Clement Winarko - Aduh kurang tau mas, tapi kalo mas sering kena asam lambung kalo obatnya terlalu keras emang bikin perih ato muntah. mending bilang ke dokter mas aja, biar obatnya diganti ato gimana baiknya ;) Moga cepat sembuh!

Anonymous said...

Ak jg lg kna cacar nih, 2hr demam mlmnya mncul bntik2 merah dan lenting gt, siangnya ak bwa ke dokter, tp umum sih. Utk obat ak d kasih acyclovir,imunos utk dya than tbuh trs obat gatal, ga dkasih salep sih tp caladine, duuhh lentingnya blm pcah niih.. Pdhl surat ijin dr dokternya cm 3hr :(

vivian azzumar said...

Hai kaaak. Aku lg cacar dan banyal bgt di muka, huaaaa. Aku masih 15 th, dan you know lah respon remaja kl sampe ada bekas cacar yang item item itu ga ilang, sampe nangis aku mikirin itu ㅠ......ㅠ /lebay/

Cacar aku masih bintil bintil merah, berdasarkan pengalaman kakak, aku harus pake salep acyclovir 5% ya? Habis kering baru ganti pibaskin gitu?

Jawab ya kak._. Thanks beforeee. Ini blognya keren \m/

engi said...

Halo Vivian!

Sorry baru bales... -_-
Lagi kena cacar ya? Aduh.. so sorry to hear that.. tapi percaya deh ntar ilang kok bekasnya asal sabar ngobatinnya and gak dipencet-pencet ;)

Salep acyclovir 5% cuman di awal aja aku pake dek, setelah dokterku ganti resep ke pibaskin aku ganti pake salep pibaskin aja sedangkan salep acyclovirnya gak aku pake. Dokter adek kasih salep apa?

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review