Thursday, August 30, 2012

Review Order di bukabuku.com

Posted by engi at 12:37:00 PM
Okay, let's start my late review. The keyword of this shopping experience was disappointed alias kecewa!

 Ini adalah pertama kalinya saya membeli buku di bukabuku.com. Saya memutuskan membeli di toko buku online ini karena di daftar yang mereka tawarkan mereka menyediakan buku yang sulit saya dapatkan di toko lain dengan harga yang lebih murah. Sounds very good isn't? But well the fact it was too good to be true!






Silahkan klik gambar diatas untuk memperbesar tampilan. Ini adalah status order saya per tanggal 24 Juni 2012. Jika anda lihat sekilas summary diatas sepertinya nggak ada yang salah kan? Okay let's check together bagaimana pelayanan mereka ;)

Order placed on : 10 Juni 2012 14:21:06 (Minggu)
Confirmed : 10 Juni 2012 20:54:23 (Minggu)

>> saat saya confirmed saya melakukan pembayaran lewat Bank Mandiri, karena hari itu adalah hari Minggu. Jadi uang yang sudah ditransfer akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Paid : 11 Juni 2012 06:35:19 (Senin)
Processed : 11 Juni 2012 08:10:49 (Senin)
>> semua masih di jalurnya, pembayaran diterima dan akan diproses. Proses order disini dalam artian barang akan siap dikirimkan dalam 3-5 hari kerja. Berdasarkan informasi tersebut dapat disimpulkan kalo order akan dikirimkan pada Rabu (13 Juni 2012) - Jumat (15 Juni 2012).

16 Juni 2012 (Sabtu)
>> status order saya masih belum completed alias belum dikirmkan. Pertanyaan saya, ada apakah gerangan? Apakah stock buku yang saya order kosong? Mengapa tidak ada konfirmasi kepada saya? Ini bukan pertama kali saya membeli buku secara online, jadi saya tahu bagaimana proses order dan pelayanan informasi ke pelanggan seharusnya berjalan.

17 Juni 2012 (Minggu)
>> saya mengirimkan pesan, menanyakan status order saya. Mengapa masih belum juga dikirimkan?

18 Juni 2012 (Senin)
Customes support menjawab :
* 1 judul buku - mereka masih mencoba mendapatkan
* 1 judul buku - stok kosong di supplier mereka
>> mengapa baru info kalo buku kosong setelah customer komplain? padahal di toko onlie lain jika 2 hari ternyata stok buku gak ada langsung ada email pemberitahuan.
>> saya reply mereka mengutarakan uneg2 saya, dan membatalkan order 2 buku yang stoknya tidak ada. Mereka balik reply:
Terima kaish atas email anda.
Kami mohon maaf, atas ketidaknyamanan ini kedepannya akan kami perbaikan lagi mengenai update informasi order dan lainnya.
Untuk buku ready akan kami kirimakn dan sisa telah diproses kebagian Finance bukabuku.com.
Mohon di tunggu proses transfer oleh bagian Finance bukabuku.com.

NOTE:
Refund di kerjakan setiap hari senin dan sabtu oleh bagian Finance bukabuku.com  


20 Juni 2012 (Rabu)
>> Dana belum direfund, saya kirim email menanyakan hal ini

21 Juni 2012 (Kamis)
>> Customer support menjawab :
Terima kasih atas email anda.
Kami informasikan bahwa refund dana di proses setiap hari senin.
Dan refund dana yang di proses adalah untuk antrian pekan sebelumnya.
Apabila anda mengkonfirmasikan refund dana pada hari senin pekan ini maka akan di proses pada senin minggu depan.

>> informasi bias, setelah memberi info bahwa refund dilakukan hari senin dan sabtu sekarang CS memberi info dilakukan pada hari senin, hoh?

 24 Juni 2012 (Minggu)
>> email masuk dari bagian finance <finance@bukabuku.com>
Kami informasikan bahwa kami telah merefund rekening anda sebesar
Rp. 144925 ke rekening XXX (Bank Mandiri, XXX) pada
waktu 2012-06-24 09:29:59
Mohon cek kembali saldo rekening anda. Jika ada pertanyaan
lebih jauh silahkan hubungi kami kembali di finance@bukabuku.com

>> setelah cek ternyata mereka tetap mengenakan biaya ongkos kirim sebesar Rp 55,500 yang seharusnya untuk pengiriman 3kg buku. Tidak masuk akal, mereka mengirimkan buku 1pc yang beratnya sekitar 800gr dan seharusnya biaya pengiriman hanya Rp 18,500 yaitu untuk order seberat 1kg! They overcharged me!

25 Juni 2012 (Senin)
>> saya kirim email kembali untuk menanyakan hal ini kepada bagian finance,  tapi sampai detik review ini ditulis tidak ada balasan dari mereka. Lihat bagaimana mereka bekerja?

KESIMPULAN
Dari pengalaman yang cukup mengecewakan ini, saya rasa ini adalah order pertama dan terakhir saya di bukabuku.com. Customer service mereka buruk, bagian finance juga tidak teliti dan bekerja lambat tidak sesuai dengan yang diinfokan oleh customer service. Bahkan komplain yang diajukan oleh pelanggan tidak mendapat tanggapan sama sekali.

Let me write it in blod :  
Harga boleh murah, tapi jika pelayanan mengecewakan pembeli tidak akan pernah menjadi pelanggan!

That's all folks!






8 comments:

vicky said...

sama gue juga beli buku ga ada stok,sampe skrng ga pernah di balikin!
JANGAN PERNAH BELANJA DI BUKABUKU.COM! mereka "penipu"

Unknown said...

saya juga tertipu bukabuku.com

tanggal 9 oktober saya order 9 hari kemudian baru di konfirmasi kalo mereka tidak ready stok dan sampai 3 november 2014 ini dana saya tidak direfund

mereka tidak ready stok,sengaja membiarkan customer tidak tau dan mentransfer dana,dan tidak mengembalikan dana(refund)

saya tidak main blog jadi saya post review saya di kaskus
http://www.kaskus.co.id/post/54570bf932e2e6ba578b4568#post54570bf932e2e6ba578b4568

engi said...

Thanks @Vicky Sieto for sharing!
Sepertinya mereka hanya agen dan tidak memiliki stok buku sama sekali. Saat ada pembeli mereka akan kontak penerbit dan cek stok dengan mereka, oleh karena itu konfirmasi stok mereka lama sekali. Customer service sangat tidak profesional.

Ijin share reviewnya :)

Arini Miftahul said...

Saya barusan kena!
WAAAA!
Ngeselin banget.
Saya beli 3 buku dan 1 judul buku masih tertulis 'PROSES' padahal sudah seminggu.
Kemudian saya email cs-nya dan bilang, maaf sampai saat ini buku belum ready. Dibatalkan/ditunggu/diganti. Karena sudah lama menunggu (1 minggu lebih), akhirnya saya minta untuk dibatalkan semua orderan. Tapi ternyata hanya 1 judul buku tsb yang dibatalkan dan 2 buku dikirim.
KAN JADI RUGI! Beli buku banyak dengan harapan, ongkir yang ditanggung tidak banyak. Apalagi saya ada di Batu, ongkirnya 26 ribu per kg!
Akhirnya saya komplain, saya tidak puas saya tidak puas saya tidak puas.
Menulis di kolom testimoni juga percuma, hanya testimoni bagus yang ditampilkan. NYESEL BELI DISITU.

engi said...

@Arini Miftahul - 4 Tahun berlalu, service mereka masih juga jelek.. sungguh memalukan...
Turut bersedih buat kamu Arini >_< Kesel banget sebagai konsumen diperlakukan kayak gini.. Maunya irit2 ongkir, ealah.. malah merugi...
Negative feedback gak bakal mereka cantumin, gak fair emang, tapi itu kenyataannya. Makanya dulu itu yang menginspirasi aku bikin review2 belanja kayak gini..
Good luck belanja buku di website lain yah.. So far aku suka yes24.co.id, agak mahalan sih.. tapi mereka terpercaya ;)

kelinciputih said...

Aku udah banyak order di buka buku.com. pernah cancel -refund 1x dan baik 2 aja tuh. ...

engi said...

@kelinciputih - lucky you!
Baik tidaknya pelayanan toko atau bidang usaha lainnya dapat kita lihat saat ada masalah dengan order kita. Pengalaman belanja saya sangat tidak berkesan saat berbelanja di bukabuku.com. Mereka tidak professional dan tidak komunikatif. Negative feedback pun tidak dicantumkan di website. Jadi siapa yang tahu berapa banyak orang yang sudah kecewa dan merasa tertipu?

Unknown said...

sama ternyata modusnya buka buku,gw cek ada stok, abis di trf blg stok abis, suruh tunggu, udh tunggu, sd hari H, ttp kosong, minta refun, gak dibalik2kin!

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review