Tuesday, July 21, 2009

Aduh...Sariawan

Posted by engi at 5:00:00 PM
Kerja ga tenang, bibir jadi cucah mingkem, perih terasa, ngomongpun jadi susah! Deuh.. deritanya orang lagi sariawan... Gara-gara kelaperan trus makan mie goreng keburu-buru bibirku kegigit. Ga sekali, dua kali, ato tiga kali... empat kali tau! Sebenernya aku ni mo makan mie ato makan bibirku sendiri seh?:(( Hikz-hikz... bodohnya...

Sariawan atau istilah kedokterannya stomatitis aphtosa adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut yang berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan yang agak cekung (buat yang lagi sariawan tolong ngaca deh apakah definisi ini benar:D). Sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi, apalagi kalo kesenggol makanan pas mengunyah, deuh.. perihnya minta ampun!

Menurut penelitian, sariawan adalah jenis penyakit kelainan mulut yang paling sering ditemukan, sekitar 10% dari suatu populasi tercatat menderita penyakit ini. Kabar buruknya buat para wanita, dikatakan bahwa wanita lebih mudah terserang sariawan dari pada laki-laki.

Ada beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab dari sariawan. Misalnya, luka tergigit (happened to me-_-), mengkonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologis, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Perlu diwaspadai jika sariawan yang tak kunjung sembuh hingga 2-4 minggu karena dapa menjadi indikasi adanya kanker rongga mulut. Jika sariawan ga sembuh-sembuh sebaiknya segera ke dokter ya...

Berdasarkan pengalaman engi sendiri, ada beberapa cara untuk menyembuhkan sariawan ini:
1. Tetesi luka dengan Albothyl (bukannya promo, dijamin sembuh deh! Tapi siap-siap nahan rasa perih ya^_^)
2. Konsumsi jeruk atau tablet vitamin C
3. Bersihin bercak putih yang berisi cairan dengan cutton buds, emang perih tapi setelah itu lukanya lebih cepat sembuh (buat yang ga tahan sakit, jangan ikuti tips ini yah... Ehehehe)

Kalo menurut ahli obat tradisional China, Mochtar Wijayakusuma pengobatannya gini nih:
Campur 1 buah tomat dan kiwi (kupas kulitnya) ke dalam blender. Tambah dengan air perasan ½ jeruk lemon dan madu secukupnya. Blender, lalu minum 3 kali sehari.

Terserah mo ikut tips yang mana.. yang jelas selamat mencoba yah...

Source: http://id.wikipedia.org/, http://perempuan.kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Please Leave A Comment... Thanks!

 

I Like It!!! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review